Selasa, 13 November 2018

RANGKAIAN BELL CEPAT TEPAT MENGGUNAKAN PROGRAM PLC ZELIO

Bell Cerdas Tangkas, merupakan bell yang diperebutkan untuk dibunyikan sewaktu menjawab pertanyaan dalam suatu lomba cerdas tangkas. Bila ada satu peserta menekan tombol bell maka peserta lainnya tidak bisa lagi membunyikan bell tersebut karena rangkaian bell dibuat saling mengunci (interlocking). Berikut ini diberikan diagram rangkaian Bell Cerdas Tangkas untuk tiga peserta (tiga Team).

Rangkaian Bell Cepat Tepat Untuk Tiga Peserta



 Cara Kerja Bell Cepat Tepat Untuk Tiga Peserta :


Bila pemain 1 lebih dahulu menekan tombol 1  maka lampu 1 akan nyala dan buzzer berbunyi, dua peserta lainnya tidak akan dapat membunyikan buzzer juga tidak dapat menyalakan lampu mereka masing-masing dari tombol mereka masing-masing karena sudah terkunci oleh kontak q1
.
Bila pemain 2 lebih dahulu menekan tombol  maka lampu 2 akan nyala dan buzzer berbunyi, dua peserta lainnya tidak akan dapat membunyikan buzzer juga tidak dapat menyalakan lampu mereka masing-masing dari tombol mereka masing-masing karena sudah terkunci oleh kontak q2.

Bila pemain 3 lebih dahulu menekan tombol  maka lampu 3 akan nyala dan buzzer berbunyi, dua peserta lainnya tidak akan dapat  membunyikan buzzer juga tidak dapat menyalakan lampu mereka masing-masing dari tombol mereka masing-masing karena sudah terkunci oleh kontak q3.

Keterangan :

I1   =  Tombol 1 utk pemain 1
I2   =  Tombol 2 utk pemain 2
IB   =  Tombol 3 utk pemain 3
iC   =  Tombol 4 utk Juri
Q1  =  lampu 1
Q2  =  lampu 2
Q3  =  lampu 3
Q4  =  Buzer ( Bell )

Berikut ini adalah video yang memperlihatkan bagai mana cara kerja bell cepat tepat yang menggunakan program PLC Zelio tersebut : Klik DISINI

Demikianlah sajian ini saya sampaikan agar dapat bermanfaat bagi pengunjung sekalian, sampai jumpa lagi.


Sumber : https://syofyanchan.blogspot.com/2017/04/rangkaian-bell-cepat-tepat-menggunakan.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar