Kontrol LABEL berfungsi untuk menampilkan teks. Fungsi LABEL ini secara umum adalah sebagai penjelas, misalnya teks, judul, keterangan dan lain – lain. Untuk membuat LABEL anda bisa memilih icon LABEL A pada ToolBox.
PROPERTIES LABEL
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama LABEL
|
Aligment
|
Untuk mengatur perataan didalam LABEL
|
Autosize
|
Untuk mengatur ukuran LABEL secara otomatis terhadap isi LABEL
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang LABEL.
|
BackStyle
|
Untuk menentukan sifat LABEL apakah transparan atau tidak transparan
|
Caption
|
Untuk menentukan teks yang akan ditampilkan pada LABEL
|
BorderStyle
|
Untuk menentukan garis pembatas disekeliling LABEL
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya LABEL
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
ForeColor
|
Untuk mengatur warna teks pada LABEL
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi LABEL
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas LABEL
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah LABEL dapat menerima fokus
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Top
|
Untuk mengatur jarak LABEL dari sisi atas form
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan LABEL
|
Width
|
Untuk mengatur lebar LABEL
|
2. TextBox
TextBox adalah kontrol yang berfungsi sebagai penerima input dari user dalam bentuk teks yang diketikan. Kontrol ini biasanya digunakan untuk memasukkan informasi – informasi tertulis, misalnya nim, nama, harga, jumlah, dan lain sebagainya.
PROPERTIES TextBox
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama TextBox
|
Aligment
|
Untuk mengatur perataan didalam TextBox
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang TextBox
|
BorderStyle
|
Untuk menentukan garis pembatas disekeliling TextBox
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya TextBox
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
ForeColor
|
Untuk mengtur warna teks
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi TextBox
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
Locked
|
Untuk menentukan penyuntingan teks.
|
MaxLenght
|
Untuk menentukan karakter maksimal yang dapat diinputan kedalam TextBox
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas TextBox
|
MultiLine
|
Untuk mengatur agar TextBox dapat menerima inputan lebih dari satu baris.
|
PasswordChar
|
Untuk mengatur karakter yang muncul pada saat user melakukan input
|
Scrollbars
|
Untuk menampilkan penggulung
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah TextBox dapat menerima fokus.
|
Text
|
Untuk menampilkan teks
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Top
|
Untuk mengatur jarak TextBox dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan TextBox
|
Width
|
Untuk mengatur lebar TextBox
|
3. COMMAND BUTTON
Command Button berfungsi sebagai eksekutor dari perintah – perintah, misalnya perintah untuk menyetujui menjalankan program tertentu, perintah untuk keluar dari aplikasi, perintah untuk membuka suatu aplikasi tertentu, dan lain sebagainya.
PROPERTIES COMMAND BUTTON
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama Command Button
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang Command Button
|
Cancel
|
Untuk mengatur penggunaan tombol ESC
|
Caption
|
Untuk menampilkan teks pada Command button
|
Default
|
Untuk mengatur penggunaan tombol Enter
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya Command Button
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi Commamd Button
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas Command Button
|
Picture
|
Menentukan file gambar yang akan ditampilkan
|
Style
|
Untuk gaya dari Command Button
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah Command Button dapat menerima fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Top
|
Untuk mengatur jarak Command Button dari sisi atas form
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan Command Button
|
Width
|
Untuk mengatur lebar Command Button
|
4. OPTION BUTTON
Option Buttonm merupakan tombol pilihan dimana user diberikan pilihan untuk memilih salah satu dari beberapa pilihan yang disediakan. Pada option button user tidak dapat memilih lebih dari satu pilihan.
PROPERTIES OPTION BUTTON
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama OPTION BUTTON
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang OPTION BUTTON
|
Caption
|
Untuk menampilkan teks pada OPTION BUTTON
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya OPTION BUTTON
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi OPTION BUTTON
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas OPTION BUTTON
|
Picture
|
Menentukan file gambar yang akan ditampilkan
|
Style
|
Untuk gaya dari OPTION BUTTON
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah OPTION BUTTON dapat menerima fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Value
|
Untuk mengatur nilai dari OPTION BUTTON
|
Top
|
Untuk mengatur jarak OPTION BUTTON dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan OPTION BUTTON
|
Width
|
Untuk mengatur lebar OPTION BUTTON
|
5. CHECK BOX
Pada dasarnya kontrol fungsi kontrol Check Box sama dengan kontrol Option Button, perbedaannya jika pada kontrol Option Button user hanya diberikan satu pilihan sedangkan pada kontrol Check Box user dapat memilih lebih dari satu pilihan.
PROPERTIES CHECK BOX
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama Check Box
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang Check Box
|
Caption
|
Untuk menampilkan teks pada Check Box
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya Check Box
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi Check Box
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas Check Box
|
Picture
|
Menentukan file gambar yang akan ditampilkan
|
Style
|
Untuk gaya dari Check Box
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah Check Box dapat menerima fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Value
|
Untuk mengatur nilai dari Check Box
|
Top
|
Untuk mengatur jarak Check Box dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan Check Box
|
Width
|
Untuk mengatur lebar Check Box
|
6. COMBO BOX
Combo Box merupakan kontrol uang menyediakan pilihan – pilihan dan user dapat menginputkan suatu nilai jika pilihan tersebut tidak tersedia pada kontrol Combo Box.
PROPERTIES COMBO BOX
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama Combo Box
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang Combo Box
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya Combo Box
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi Combo Box
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas Combo Box
|
Sorted
|
Untuk menentukan pengurutan
|
Style
|
Untuk gaya dari Combo Box
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah Combo Box dapat menerima fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Value
|
Untuk mengatur nilai dari Combo Box
|
Top
|
Untuk mengatur jarak Combo Box dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan Combo Box
|
Width
|
Untuk mengatur lebar Combo Box
|
7. LIST BOX
Kontrol List Box dapat digunakan oleh user untuk memilih salah satu pilihan dari daftar pilihan yang telah disediakan, namun user tidak dapat menginputkan pilihan beru ketika pilihan yang dimaksud tidak terdapat dalam daftar.
PROPERTIES LIST BOX
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama List Box
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang List Box
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya List Box
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi List Box
|
List
|
Untuk memasukkan daftar pada List Box
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas List Box
|
Sorted
|
Untuk menentukan pengurutan
|
Style
|
Untuk gaya dari List Box
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
TabStop
|
Untuk menentukan apakah List Box dapat menerima fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Top
|
Untuk mengatur jarak List Box dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan List Box
|
Width
|
Untuk mengatur lebar List Box
|
8. FRAME
Frame digunakan untuk mengelompokkan sejumlah objek dalam satu tempat. Pemakaian Frame yang paling sering adalah untuk mengelompokkan sejumlah Option Button.
PROPERTIES FRAME
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Name
|
Untuk pemberian nama FRAME
|
Appearance
|
Untuk menentukan tampilan Form, pilihan yang tersedia adalah 0-Flat, dan 1-3D
|
BackColor
|
Untuk mengatur warna latar belakang FRAME
|
BorderStyle
|
Untuk menentukan bentuk border Form
|
Caption
|
Untuk menampilkan teks pada FRAME
|
Enabled
|
Untuk menentukan aktif atau tidaknya FRAME
|
Font
|
Untuk mengatur jenis dan ukuran huruf
|
Height
|
Untuk mengatur tinggi FRAME
|
Left
|
Untuk mengatur jarak dari sisi kiri form
|
MousePointer
|
Untuk mengatur bentuk kursor mouse ketika berada diatas FRAME
|
Tab Index
|
Untuk menentukan nomor urut fokus.
|
ToolTipText
|
Untuk menampilkan teks pada ToolTip
|
Top
|
Untuk mengatur jarak FRAME dari sisi atas form.
|
Visible
|
Untuk menampilkan atau menyembunyikan FRAME
|
Width
|
Untuk mengatur lebal FRAME
|
DragIcon
|
Untuk menentukan Icon yang digunakan pada operasi drag dan drug pada FRAME
|
DragMode
|
Untuk Untuk menentukan modus drag dan drop
|
Index
|
Untuk menentukan nomor index, jika FRAME merupakan array objek
|
Tag
|
Digunakan sebagai tempat penyimpanan data sementara yang terkait dengan Form tersebut
|
MouseIcon
|
Menentukan bentuk icon mouse yang digunakan ketika pointer mouse berada diatas Form, properti ini hanya bisa digunakan apabila properti MousePointer diset menjadi custom ( 99-custom ).
|
9. PICTURE BOX
Memiliki kegunaan hampir sama dengan image,yaitu untuk menampilkan gambar. Namun picturebox juga dapat digunakan untuk pengolahan gambar.picturebox juga memiliki fungsi yang hmpir sama dengan form yaitu sebagai kontainer bagi objek-objek lainnya.kita dapat meletakan beberapa objek lain didalam picturebox
PROPERTIES PICTURE BOX
v Name
v Appearance
v Backcolor
v Borderstyle
v Cousevalidation
v Dragicon
v Dragmode
v Drawmode
v Drawstyle
v Drawwidth
v Enable
v Fillcolor
v Fillstyle
v Font
v Fonttransparant
v forecolor
v Height
v Left
v Index
v Mouseicon
v Mousepointer
v Picture
v Scaleheight
v Scale left
v Scalemode
v Scalewidth
v Tag
v Tooptiptext
v Top
v Visible
v Width
PROPERTIES YANG LAINNYA :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Couse validation
|
Untuk menentukan apakah event validate diaktifkan ketika picture box akan kehilangan fokus
|
drawmode
|
Untuk menentukan mode penggambaran objek line dan shap dalam form
|
Draw style
|
Untuk menentukan bentuk gambar yang digunakan saat garis tersebut digambar menggunakan metode grafik
|
Draw width
|
Untuk menentukan bentuk garis yang digunakan saat garis tersebut digambar menggunakan metode grafik
|
Fillcolor
|
Untuk menentukan warna yang digunakan pada shape,lingkaran dan box yang dibuat menggunakan metode grafik form
|
Fillstyle
|
Untuk menentukan corak yang disajikan shape dalam form
|
scalemode
|
Untuk menentukan satuan yang digunakan pada skala form
|
Scaletop
|
Untuk menentukan koordinat vertikal sisi atas form
|
scalewidht
|
Untuk menentukan skala horizontalbagi interior form
|
toptiptext
|
Menentukan tuliisan tips ketika mouse pointer berada di atas picturebox
|
Font transparant
|
Untuk menentukan apakah text atau grafik pda form,pointer atau picturebox terlihat dilayar
|
Auto redraw
|
Untuk menentukan apakah grafik yang dihasilkan dengan metode grafik akan dijadikan sebagai gambar bitmap yang tetap
|
Autosize
|
Untuk menentukan apakah ukuran picture box otomatis disesuaikan dengan ukuran gambar
|
10. LINE
Line digunakan untuk menggambar garis. Line tidak memiliki event yang dapat dikenakan padanya.
PROPERTIES LINE
v Name
v BorderColor
v BorderStyle
v DrawMode
v Index
v Tag
v Visible
Beberapa properti lainnya adalah :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
BorderWidth
|
Menentukan ketebalan garis
|
X1
|
Koordinat titik awal garis ( absis )
|
X2
|
Koordinat titik awal akhir ( absis )
|
Y1
|
Koordinat titik awal garis ( ordinat )
|
Y2
|
Koordinat titik awal akhir ( ordinat )
|
11. Image
Image digunakan untuk menampilkan gambar dalam format Bitmap ( BMP ), Devide Independent Bitmaps ( DIB ), Windows Metafile ( WMF ), Enhanced Metafile ( EMF ), Graphic Interchange Format ( GIF ), Joint Photographic Experts Group ( JPEG ), dan icon ( ICO dan CUR ).
Beberapa properti pada Image adalah sebagai berikut :
v Name
v Appearance
v DragIcon
v DragMode
v Enabled
v Height
v Left
v Index
v MouseIcon
v MousePointer
v Picture
v Tag
v ToopTipText
v Top
v Visible
v Width
Beberapa properti yang lainnya adalah :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
BorderStyle
|
Untuk menentukan jenis border
|
Strech
|
Digunakan untuk merubah ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran Image ( gambar dapat membesar atau mengecil )
|
12. Shape
Shape digunakan untuk menggambar bentuk ( shape ), Shape tidak memiliki event yang dapat dikenakan padanya.
Beberapa properti pada Shape :
v Name
v BackColor
v BackStyle
v BorderColor
v BorderStyle
v Height
v Index
v Left
v Tag
v Top
v BorderWidth
v DrawMode
v Visible
v Width
Beberapa properti lainnya :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
FillColor
|
Menentukan warna isi suatu bentuk ( Shape )
|
FillStyle
|
Menentukan bentuk corak isi yang digunakan
|
Shape
|
Menentukan bentuk gambar ( 0-Rectangle ( kotak ), 1-Squae ( bujur sangkar ), 2-Oval ( lonjong ), 3-Circle ( lingkaran ), 4-RoundedRectangle ( kotak dengan ujung bulat ), 5-RoundedSquare ( bujur sangkar dengan ujung bulat )
|
13. HScrollBar
HScrollBar digunakan untuk memasukkan data secara analog dengan menggeser tombol scroll ataupun menekan tombol [Left] dan [Right].
Beberapa properti pada HscrollBar :
v CauseValidation
v DragIcon
v DragMode
v Enabled
v Height
v MousePrinter
v TabIndex
v TabStop
v Tag
v Top
v Index
v Left
v MouseIcon
v Visible
v Widht
Beberapa properti lainnya :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
LargeChange
|
Untuk menentukan ukuran perubahan value ( nilai ) ketika pemakai menggeser bar, atau ketika pemakai menekan tombol [Page Up] dan [ Page Dn] pada saat aktif di dalam area HscrollBar.
|
Max
|
Menentukan nilai ( value ) maksimum HscrollBar
|
Min
|
Menentukan nilai ( value ) minimum HscrollBar
|
SmallChange
|
Untuk menentukan nilai perubahan value ketika pemakai melakukan klik pada tanda panah, atau ketika melakukan penekanan tombol kiri dan kanan pada saat aktif HscrollBar
|
Value
|
Untuk mendapatkan / menentukan nilai dari HscrollBar
|
14. VscrollBar
VscrollBar memiliki fungsi yang sama dengan HscrollBar. Namun, VscrollBar untuk arah atas-bawah, sedangkan HscrollBar untuk arah kiri-kanan. Semua properti, event dan metode yang dimiliki VscrollBar sama dengan yang dimiliki oleh HscrollBar.
15. Timer
Timer digunakan untuk mengolah waktu ( time ) dan iterasi. Timer tidak memiliki metode. Timer tidak akan terlihat ketiak program aplikasi dijalankan.
Beberapa properti yang dimiliki Timer :
v Name
v Enabled
v Index
v Left
v Tag
v Top
Properti yang lainnya adalah :
JENIS PROPERTI
|
KETERANGAN
|
Interval
|
Untuk menentukan nilai interval dalam mili detik ( 1 / 1.000 ) antar pemanggilan event Timer.
|
16. DriveListBox
Kontrol DriveListBox digunakan untuk menampilkan drive yang ada dalam komputer. Beberapa properti yang ada pada DriveListBox adalah :
v Name
v Appearance
v BackColor
v CauseValidation
v DragIcon
v DragMode
v Enabled
v Font
v Left
v MouseIcon
v MousePrinter
v TabIndex
v TabStop
v Tag
v ToolTipText
v Top
v ForeColor
v Height
v Index
v Visible
v Width
17. DATA
Data digunakan untuk menghubungkan program aplikasi yang kita buat dengan database.
MENGENAL EVENT PADA VISUAL BASIC 6.0
Pada saat sebuah aplikasi Windows dijalankan, akan banyak kemungkinan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh pemakai program. Misalnya menekan tombol keyboard, memindahkan mouse, mengklik objek, memotong atau menampilkan objek, dan yang lainnya. Pekerjaan semacam ini disebut dengan Event.
Event bisa juga diartikan sebagai suatu tindakan yang dikenakan terhadap objek.
Contoh Event yang dimiliki oleh objek dalam Visual Basic 6.0 adalah :
Click, Load, Validation dan lain – lain.
Ketika sebuah event dipilih, Visual Basic secara otomatis membuat sebuah prosedur yang akan dikerjakan ketika event tersebut dikenakan pada objek yang dipilih.
MACAM-MACAM EVENT :
1. Event untuk mouse diantaranya :
a. Click
Terjadi jika anda menekan dan melepas tombol kiri mouse dengan cepat saat pointer mouse berada diatas objek.
b. Dblclick
Terjadi apabila anda menekan dan menahan tombol kiri mouse 2klik dengan cepat tanpa memindahkan posisi pointer mouse.
c. Dragdrop
Terjadi apabila anda menekan dan menahan tombol kiri mouse lalu menyeret objek dari satu tempat ketempat lain,baru kemudian melepaskan tombol kiri mouse.
d. Dragover
Terjadi apabila anda menekan dan menekan tombol kiri mouse lalu menyeret objek dari satu tempat ketempat lain.
e. Mouse Down
Terjadi apabila anda hanya menekan dan menahan tombol mouse.
2.Event untuk keyboard diantaranya:
a. KeyPress
Terjadi jika sebuah tombol keyboard ditekan.sebagai parameter dari keypress,adalah kode ASCII untuk menyatakan jenios tombol keyboard yang ditekan,karena huruf kecil dan besar berbeda kode nya,maka agar sebuah tombol bekerja baik event prosedur ini dilakukan secara terpisah untuk keduanya.
b. KeyDown
Terjadi apabila anda menekan dan menahan sebuah tombol keyboard.
c. KeyUp
Terjadi apabila anda melepaskan sebuah tombol keyboard.
3. Event untuk perubahan diantaranya :
a. Activate
Terjadi ketika sebuah form menjadi windows aktif.
b. Deactivate
Terjadi saat anda berpindah dari satu form ke form yang lain.
c. GotFocus
Terjadi saat sebuah objek menjadi satu-satunya fokus.
d. LostFokus
Terjadi apabila sebuah objek kehilangan fokus,dan biasanya ada objek lain yang menjadi fokus.
e.Load.
Terjadi ketika sebuah form dibuka atau dipanggil.Jika form yang dibuka adalah form Startup.
4. Event untuk berhubungan diantaranya :
a. LinkOpen
Terjadi saat sebuah aplikasi menginisial suatu Dynamic Data Exchange (DDE) dengan form.
b. LickClouse
Terjadi di akhir pemanggilan DDE.
c. LinkExecute
Terjadi saat suatu aplikasi mengirim perintah ke aplikasi Visual Basic dengan DDE.
d. LinkError
Terjadi saat terjadi kesalahan sebelum pemanggilan DDE.
e. LinkNotify
Terjadi saat aplikasi sumber mengubah data yang dihubungkan dengan aplikasi Visual Basic anda.
5. Event-event lain diantaranya :
a. Timer
Terjadi saat event lain dijalankan sebelum event ini dijalankan.Event ini hanya berhubungan dengan kontrol timer.
b. Scoll
Terjadi saat pemakai program menyeret kotak kecil pada scoll Bar.Event ini hanya berhubungan dengan kontrol Scoll Bar.
c. PathChange
Terjadi saat Path standar untuk mencari sebuah nama file diubah.Event ini hanya ada pada kontrol FileListBox.
d. patternChange
Terjadi apabila kode pencarian daftar file diubah.
e. Validate
Event ini digunakan untuk memastikan bahwa data telah ditangani dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar