Sabtu, 13 Agustus 2016

Contoh Proposal Pembuatan Running Led Sederhana

Proposal "Running Led Sederhana"


I.   LATAR BELAKANG

Saat ini sarana elektronika banyak dipakai dibidang dalam segala bidang kehidupan. Melesatnya perkembangan teknologi elektronika saat ini dapat kita amati dari peningkatan kebutuhan masyarakat akan peralatan elektronik. Dapat terlihat dari maraknya barang elektronik yang mendukung perkembangan dibidang tersebut.
Dilihat lebih jauh perkembangan barang elektronika yang banyak dicari dan diminati oleh masyarakat adalah yang memiliki nilai jual serta dapat membangkitkan selera konsumen untuk membelinya. Pengambilan tema Running LED adalah sebagai bahan pembelajaran bagaimana membentuk suatu rangkaian elektronika lanjut yang rumit dari rangkaian yang sederhana. Aplikasinya diantara lain, running teks pada tempat-tempat umum seperti SPBU dan Bandar Udara. Oleh karena itu penting rasanya mempelajari rangkaian Running LED tersebut.

II.  TUJUAN

Untuk memenuhi tugas akhir elektronika 2, dan syarat agar mendapatkan nilai yang memuaskan dalam mata kuliah elektronika 2, serta dapat mengikuti Ujian Akhir Semester.

III.  TEORI

Rangkaian LED berjalan sebenarnya adalah pengembangan dari logika flip-flop yang merupakan dasar dari Rangkaian Logika Sekuensial. Rangkaian sekuensial adalah rangkaian logika yang memiliki output yang tidak tergantung pada inputnya saja tetapi juga pada outputnya juga. Selain itu juga rangkaian logika sekuensial dapat mengingat logika yang dijalankannya.
Untuk membuat sebuah rangkaian LED Berjalan sebenarnya relative mudah. Kita hanya membutuhkan IC counter untuk melakukan pencacahan dan juga bertindak sebagai timer. Selain itu kita juga membutuhkan gerbang yang dapat dirangkaia sebagai sebuah Rangkaian logika flip-flop.
Disini saya menggunkan sebuah IC555 yang merupakan IC counter dan sekaligus Timer yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Rangkaian penggunaan IC ini pun ada yang bersifat Monostable dan Astable. Pada rangkaian LED berjalan / Running Led ini saya menggunakan rangkaian Astable dan dikombinasikan dengan IC decode yang memilik 10 output dari keluarga IC4000. Dirangkaian Led berjalan yang akan kita buat, IC4017 akan bertindak sebagai Rangkaian Logika sekuensial.

IV.  ALAT DAN BAHAN


  • IC 4017
  • IC Ne 555
  • Led
  • R 1K
  • Potensiometer 10k
  • C 10uf
  • Papan PCB
  • Kabel
  • Power Supply 9 Volt

V.  GAMBAR RANGKAIAN

Gambar Rangkaian LED Berjalan Memanfaatkan Prinsip Kerja IC 555 dan 4017

VI.  LANGKAH KERJA


  1. Pertama-tama kita persiapkan terlebih dahulu semua peralatan yang dibutuhkan. Siapkan PCB terlebih dahulu.
  2. Setelah PCB terbentuk kita  mulai memasang satu persatu komponen yang ada dimulai dari komponen yang berbentuk kecil dan tergolong komponen yang tidak aktif setelah itu baru memasang komponen yang aktif .
  3. Setelah semua komponen terpasang periksa kembali rangkaian sesuai dengan skema rangkaian.
  4. Setelah itu sambungkan ke sumber daya dan uji rangkaian tersebut.


VII.  CARA KERJA

Rangkaian LED berjalan menggunakan IC 555 merupakan rangkaian elektronika sederhana dengan prinsip kerja rangkaian ini adalah memanfaatkan IC clock 555 yang akan dikonversi oleh 4017 menjadi logika flip-flop. Prinsip kerja dari rangkaian diatas adalah IC 555 akan memberikan pulsa clock pada IC 4017 dimana IC 4017 jika kita beri pulsa clock maka ia akan mengeluarkan logika 1 secara berurutan yang logika tersebut akan mengaktifkan led secara bergantian dari atas ke bawah. Lama atau tidaknya waktu led hidup bergantian dapat kita atur dari variabel resistor atau kapasitor yang kita pasang pada IC 555.

Rangkaian LED berjalan yang kita buat terdiri atas dua buah rangkaian. Yang pertama adalah rangkaian counter (rangkaian Astabel IC555) dan yang kedua adalah rangkaian logika sekuensial (IC4017). Rangkaian Counter IC555 merupakan sumber utama Clock yang akan mencacah IC4017. Jika IC4017 ini tercacah maka kondisi selanjutanya adalah LED akan mulai berjalan dari Led yang paling atas dan diikuti oleh led dibawahnya dan seterusnya. Jeda antar led akan sama tergantung pada Besar nilai resistansi pada resistor variabel kecuali pada saat LED kedelapan dan akan kembali ke LED yang pertama akan memiliki jeda yang lebih panjang. Untuk Lama Jeda ini dapat kita ataur menggunakan Resistor Variabel. Semakin besar nilai resistansi pada resistor variabel maka jedanya akan semakin lama dan sebaliknya.

VIII.  KESIMPULAN

Rangkaian LED berjalan sebenarnya adalah pengembangan dari logika flip-flop yang merupakan dasar dari Rangkaian Logika Sekuensial. Dengan memanfaatkan rangkaian counter pada IC555 kita dapat membangun dan membuat suatu rangkaian sederhana yang menarik dan bermanfaat untuk digunakan.

Sumber : http://www.dendicious.com/2013/07/kumpulan-proposal-proyek-elektronika.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar