Kamis, 15 September 2016

Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED

Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED

saya mencoba membuat Rangkaian LED agar menjadi sebuah Huruf atau angka dengan menggunakan rangkaian Seri dan Paralel di mana alat dan bahan - bahan nya sangat mudah di dapat dan harganya pun terjangkau.


Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED


Alat dan Bahan Yang di Butuhkan (Materials) :

  1. Papan PCB berlubang (Vero Board) Kalo loe tinggal di wates bs cari di Kurnia Baru!!
  2. 200 buah atau Lebih  LED ( Light Emitting Diode )
  3. Kabel secukupnya (Perkiraan 1,2 Meter)
  4. Adaptor 12 Volt DC bisa Pakai AKI
  5. Solder Listrik
  6. Timah untuk mematri LED (Tinol)
  7. Resistor 20 ohm
             Sebelum kita memulai proses Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED, saya akan menjelaskan  tentang Rangkaian tersebut, karena setiap rangkaian ini memiliki perbedaan
Seperti Contoh saya di gambar, saya menyusun Led menjadi huruf  "TN" dengan rangkaian Paralel dan Seri.

   Dalam memasang LED menjadi Rangkaian Paralel harus kita perhatikan Anoda dan Catodanya, dalam rangkaian ini Semua kaki Anoda di hubungkan dengan kaki Anoda yang lainya (di lambangkan dengan Garis Merah muda ).
sedangkan untuk semua Kaki Catoda di hubungkan juga Kaki Catoda lain ( di lambangkan dengan garis Biru ).
Untuk Rangkaian Paralel hanya di butuhkan sekitar 3 s/d 7 (Volt Pakai Batre juga bs)
dan jika salah satu LED yang sudah di pasang mati atau rusak maka tidak mempengaruhi LED lain ( Led lain tetap menyala )

Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED


Dalam Menyusun Rangkaian LED Seri hanya menghubungkan Kaki Catoda dengan Anoda LED lain sehingga terlihat seperti saling sambung - menyambung terlihat seperti gambar di bawah ( di tandai dengan garis Biru ).
Tegangan yang di butuhkan untuk menghidupkan Led Rangkaian Seri sangat besar, berkisar 12 Volt, dan ketika kita menghidupkannya dengan tegangan 12 volt, Led tersebut tidak akan menyala Rata,
misalkan pada rangkaian di bawah, maka pada bagaian huruf "T" akan menyala terang, sedangkan untu huruf "N" akan menyala sedikit redup bahkan adapula Led yang mati. ini lah kekurangan yang di miliki Rangkaian Seri pada Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED.



Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED
Cara Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED :

  1. Susunlah LED yang sudah kamu sediakan menjadi Huruf atau Nomor yang kamu inginkan sesuai Rangkaian di atas, susunlah kedalam PCB berlubang dengan teliti dan ingat dalam menyusun rangkaian di atas harus memperhatikan kaki Anoda dan Catodanya .
  2. Setelah semua tersusun dengan rapih dan sesuai dengan keinginanmu, gunakan Solder dan timah untuk mematri Led demi Led tersebut  dan juga untuk menghubungkan setiap LED dengan LED lain.
  3. Jika kamu akan membuat beberapa Angka atau Nomor maka untuk menyambungkannya di gunakan kabel sebagai penghubung. untuk rangkaian paralel kabel yang di hubungkan harus sesuai dengan sumbernya, contoh ujung kaki anoda di Huruf "T" harus di sambung ke kaki Anoda Huruf "N".
    tetapi untuk rangkaian Seri hanya menyambungkan kabel dari ujung kaki Catoda "T" ke kaki Anoda "N".
  4. Pasanglah Resistor pada bagian Positif  rangkaian, agar mencegah terjadinya kerusakan pada LED apabila tegangan yang di berikan terlalu besar.
  5. Setelah semua selesai Tes lah rangkaian Paralel tersebut dengan Adaptor / AKI 12 Volt DC, aturlah posisi tegangan ke 3 Volt. Amatilah nyala lampu apakah Terang atau redup, jika Redup naikan menjadi 4,5  Volt atau lebih besar lg. dan jika di dalam rangkaian terdapat salah satu LED mati cobalah untuk 
    memeriksan nya terlebih dengan adaptor, dan jika LED tersebut mati, maka gantilah LED tersebut.
  6. Untuk mengetes Rangkaian Seri sama seperti di atas yaitu hubungkan kabel positif Adaptor ke sisi Anoda yang sudah di beri Resistor dan Kutub Negatif ke Kaki Catoda, atur posisi Adaptor dari 3 s/d 12 Volt perhatikan nyala Led apakah terang sebagian atau redup.
    dan jika salah satu Led mati, maka LED di belakangnya pun akan ikut mati, jadi kamu harus memeriksa Led yang mati tersebut.

          Dalam Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Lampu LED, kita bisa menghubungkannya dengan Rangkaian lain, seperti Rangkaian Lampu Flip-FlopRunning LEDdan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar